Pusat Sains Antariksa Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) mengumumkan jadwal fenomena astronomi yang akan terjadi pada pekan kedua Oktober 2020.
Berikut ini jadwal fenomena astronomi pada minggu kedua Oktober 2020, sebagaimana dikutip Pikiran-rakyat.com dari laman edukasi.sains.lapan.go.id.

Sumber Pikiran Rakyat

Gitaris band Van Halen, Eddie Van Halen, meninggal dunia pada usia 65. Dia meninggal setelah beberapa tahun harus melawan penyakit cancer.

Pengumuman kematian Van Halen disampaikan melalui media sosial oleh putranya melalui akun Twitter. Sang anak dan sang istri, Bertinelli Van Halen pun merasa terpukul dalam pesan mengharukan di akun media sosial.

Sumber CNN Indonesia

DPR RI menyatakan bahwa RUU Cipta Kerja resmi disahkan menjadi undang-undang setelah menggelar rapat paripurna mendadak pada Senin, 5 Oktober 2020.
RUU tersebut disetujui oleh enam fraksi, yaitu PDIP, Golkar, Gerindra, Nasdem, PKB, dan PPP. Sementara Fraksi PAN menyetujui dengan catatan, dua fraksi lain dari PKS serta Demokrat menolak dengan tegas RUU Cipta Kerja usulan presiden tersebut.

Sumber JakselNews.Com


Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) bakal melakukan aksi demonstrasi menolak pengesahan Undang-undang Omnibus Law Ciptaker (UU Ciptaker) di depan Istana Negara, Jakarta, pada Kamis (8/10) besok.

Aksi yang rencananya dimulai pukul 10.00 WIB ini bakal diikuti mahasiswa dari 300 universitas, baik dari Jabodetabek hingga wilayah lain seperti Kalimantan, Sumatera, hingga Sulawesi.

Sumber CNN Indonesia


Najwa Shihab merespons kabar dirinya yang dipolisikan Ketua Umum Relawan Jokowi Bersatu, Silvia Devi.
Melalui unggahan di akun Instagram miliknya, @najwashihab Selasa (6/10/2020) Najwa mengaku baru mengetahui soal pelaporan itu dari teman-teman media.
Ia pun mengaku belum mengetahui atas dasar apa pelaporan itu dituduhkan, demikian juga dengan pasalnya.

Sumber Tribun News.Com

Harga minyak turun dan nilai aset safe-haven yen menguat pada perdagangan tengah siang di Asia, Jumat (2/10/2020).

Hal ini terjadi pasca-Presiden AS Donald Trump mengumumkan dirinya positif terkena virus corona.

Melansir CNBC, patokan internasional minyak mentah berjangka Brent turun 3,62 persen menjadi 39,45 dollar AS per barel.

Sumber Tribun News.Com

Ribuan buruh sudah menyiapkan aksi besar di depan Gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) sejak lama untuk menjegal pengesahan RUU Cipta Kerja.

Senin (5/10/2020), mereka pun bergerak dari berbagai titik hendak masuk ke Jakarta. Mereka berharap suara mereka didengar menjelang pengesahan yang awalnya dijadwalkan pada Kamis (8/10/2020) itu.

Namun, ribuan buruh itu tak bisa bergerak. Mereka dihadang polisi yang melakukan penyekatan di perbatasan Jakarta.

 Alhasil, hanya segelintir massa yang berunjuk rasa di depan DPR.

Sumber Kompas.Com

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan pengesahan undang-undang Cipta Kerja pasti akan menuai pro dan kontra. Karena sudah disahkan, ia pun meminta seluruh pihak untuk ikut mengawal undang-undang baru itu.

" UU Cipta Kerja sudah disahkan, mari kita monitor. Sisi positifnya juga mungkin ada, dampak yang negatifnya juga. Pada dasarnya kita kita harus jangan kaku, yang namanya hal seperti ini pasti ada dinamika," kata Emil, sapaan akrabnya, Selasa (6/10/2020).

Emil pun menyarankan agar kebijakan baru itu diterima dulu. Jika dirasa ada kekurangan, bisa meminta untuk evaluasi

Sumber Kompas.Com

Sebuah video di media sosial Instagram viral, baru-baru ini. Video yang diduga direkam oleh pengendara mobil itu menunjukan sejumlah pesepeda melintas di jalan tol.

Berdasarkan video itu, para pesepeda tampak melintas di bahu kiri jalan tol. Ruas paling kiri jalan tol diketahui diperuntukan bagi kendaraan yang mengalami keadaan darurat. Tidak hanya itu, para pesepeda lainnya bahkan melintas di bagian kanan jalan tol. Tepatnya di luar garis jalur paling kanan, jalur untuk kendaraan yang hendak mendahului. Kondisi jalan tol itu sendiri terlihat lengang ketika momen itu direkam.

Video warganet juga menunjukan bahwa para pesepeda menyeberang jalan tol ke arah sebaliknya.

Saat ini, pihak Jasa Marga dan pihak kepolisian tengah mengidentifikasi rombongan pesepeda tersebut.

Sumber Kompas.com


Pasangan suami istri tega membunuh anaknya yang masih berusia 8 tahun dan menguburkannya dengan pakaian lengkap.

LH (ibu) dan IS (ayah) menguburkan anaknya di Desa Cipalabuh, Kecamatan Cijaku, Kabupaten Lebak, Banten.


Motif pembunuhan ini disebabkan orang tua kesal karena anaknya tidak mampu belajar online

Sumber Tribun Jabar

Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet di Kemayoran menjadi perbincangan publik setelah beredar sebuah video berdurasi 29 detik yang menunjukkan antrean ambulans untuk masuk ke rumah sakit.

Meskipun demikian, Saleh menegaskan, antrean itu bukan disebabkan kapasitas RSD Wisma Atlet yang tidak dapat menampung pasien Covid-19. Saleh mengatakan, kapasitas tempat tidur di RSD Wisma Atlet masih dapat menampung pasien Covid-19. Sementara itu, antrean ambulans disebabkan kurangnya akses pintu masuk untuk ambulans.


Sumber Kompas.com

Kabar duka kembali menyelimuti artis Indonesia.

Aktor Ade Firman Hakim meninggal dunia pada hari Senin.

Adik Firman, Dai Tirta, telah mengonfirmasi kabar tersebut dan mengatakan kakaknya mengembuskan napas terakhir pada pukul 17.20 WIB.

"Iya (meninggal) diduga Covid-19. Meninggal pukul 17.20 sebelum Maghrib," kata Dai Tirta saat dihubungi awak media.

 

 

Sumber Tribun Jabar news maker

Page 1 of 36