Sirsak yang bernama asli Annona muricata merupakan buah yang berasal dari Amerika Selatan, Asia Tenggara, dan Afrika. Tak hanya buahnya yang kaya khasiat, ternyata daun sirsak juga memiliki manfaat untuk kesehatan.

Penelitian mengenai daun sirsak menunjukkan bahwa daun ini memiliki efek yang sangat baik untuk mengobati berbagai penyakit. Bahkan penyakit berat sekalipun.

Anda tinggal merebus sekitar 10 daun sirsak ke dalam air 3-4 gelas. Anda bisa juga menambahkan teh ke dalam air rebusan daun sirsak.

1. Mencegah Diabetes

Daun sirsak sangat baik dikonsumsi penderita diabetes. Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa daun sirsak dapat menstabilkan dan mempertahankan kadar gula darah pada kisaran normal, antara 70 mg hingga 120 mg. Daun ini sangat baik untuk mencegah penyakit pemicu diabetes, seperti obesitas dan gula darah tinggi.

2. Mencegah Kolesterol

Kolesterol jahat dalam tubuh bisa meningkat karena gaya hidup tidak sehat. Salah satu cara untuk menurunkannya dengan bahan alami ialah mengonsumsi daun sirsak. Studi membuktikan kandungan yang terdapat di dalam daun sirsak dapat membantu menurunkan kolesterol jahat.

3. Mengobati Penyakit Liver dan Menurunkan Gula

Dengan mencampurkan daun sirsak dan teh, dapat merangsang produksi insulin dengan membantu sel-sel beta di pankreas. Selain dapat membantu mengobati penyakit liver, daun sirsak dapat menurunkan kadar gula karena adanya peningkatan insulin. Gula yang ada akan berubah menjadi energi.

4. Baik untuk Kecantikan Kulit
Daun sirsak kaya akan vitamin C yang bermanfaan untuk melepaskan antioksidan yang melawan radikal bebas. Radikal bebas dapat menyebabkan masalah kulit dengan tanda-tanda penuaan seperti keriput, garis halus, dan pigmentasi berat. Antioksidan dapat membantu melindungi dari gejala-gejala tersebut.

5. Mengobati Rematik

Bertambahnya usia bisa membuat Anda rentan terhadap penyakit rematik. Mengonsumsi daun sirsak dapat membantu Anda menyembuhkan rasa sakit akibat radang sendi seperti rematik. Tinggal menumbuk daun sirsak menjadi halus dan balurkan ke bagian tubuh yang sakit dua kali sehari setiap hari.

6. Mengobati Kanker

Daun sirsak sangat bermanfaat bagi penderita kanker seperti kanker kelenjar getah bening, kanker paru-paru, kanker payudara, dan kanker usus besar. Berbagai penelitian menunjukkan daun sirsak memiliki senyawa aktif yang dapat melawan sel kanker 10 ribu kali lebih kuat daripada kemoterapi. Apalagi, daun sirsak tidak berefek negatif seperti kemoterapi.

Sumber : Liputan6.com

Share this article