Helikopter yang ditumpangi Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Doni Monardo dan rombongannya mengalami kecelakaan usai gagal terbang di Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara, Senin (6/1). Tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut.

Doni mengatakan dirinya bersyukur masih diberi keselamatan usai kecelakaan tersebut. Dia juga mengapresiasi pilot yang terus berusaha mengendalikan helikopter di tengah cuaca buruk sehingga tidak menimbulkan korban jiwa.

Dari informasi yang dihimpun, kecelakaan itu terjadi Senin pukul 11.52 Wita. Helikopter jenis Mi-35P dengan Nomor Register HS-7154 itu mengangkut Doni Monardo bersama rombongan.

Saat itu helikopter tengah lepas landas di Lapangan Gesit, Kelurahan Sawangbendar, Kecamatan Tahuna, Kabupaten Kepulauan Sangihe. Doni ketika itu baru selesai memberikan sambutan di Pendopo Rumah Dinas Bupati Sangihe.

Namun saat hendak lepas landas, helikopter tersebut kehilangan tenaga dan hanya terbang rendah setinggi kira-kira 5 meter. Helikopter berusaha terbang dengan bagian ujung sayap kiri tersangkut di bagian depan mobil dinas Palaksana Lanal Tahuna Letkol Laut (P) Christian.

Selama tiga menit dalam kondisi seperti itu, helikopter akhirnya mendarat kembali dengan sejumlah kerusakan pada bagian sayap kiri dan tempat cadangan aftur.

Diduga insiden gagal terbang itu diakibatkan cuaca yang tiba-tiba berubah. Saat kejadian terjadi angin kencang yang menyebabkan helikopter kehilangan tenaga dan daya angkat.

 

 

Sumber : CNN Indonesia

Share this article