Resmi sudah, Netflix gaet Kemendikbud RI untuk memajukan industri film lokal! Seperti apa sih, respon dari pemerintah dan sineas film kita terhadap kerja sama ini?

A. Kerjasama resmi dalam dunia film lokal!
Akun Twitter resmi Netflix Indonesia, @NetflixID membagikan sebuah cuitan resmi bahwa mereka akan bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI dalam bidang film!

Kemitraan ini, akan berfokus pada pengembangan kemampuan yang meliputi penulisan kreatif (creative writing), pelatihan pasca-produksi, serta lomba film pendek! Tidak lupa, ada juga pelatihan keamanan online serta tata kelola untuk menghadapi industri kreatif yang kian dinamis!

B. Pernyataan Mendikbud dan Netflix!
Menurut Mendikbud, Nadiem Anwar Makarim, film dapat menjadi kanal distribusi talenta dan budaya Indonesia secara cepat dan masif. Misi diplomasi kebudayaan selaras dengan visi pembangunan sumber daya manusia unggul yang dicanangkan Presiden. "Film merupakan simbol yang mudah terlihat, dan menunjukkan kualitas SDM kita," ungkapnya.

Terkait inisiatif yang akan dilaksanakan, Kuek Yu-Chuang, Managing Director, Netflix Asia Pacific, menjelaskan bahwa melalui inisiatif-inisiatif yang dikerjakan bersama Kemendikbud, Netflix ingin bisa berkontribusi pada pertumbuhan komunitas kreatif di Indonesia. "Dan cerita-cerita Indonesia ini tersedia tidak hanya untuk orang Indonesia, tapi juga untuk penonton di seluruh dunia," ungkapnya.

C. Sutradara film original Netflix lokal pun bicara!
Timo Tjahjanto, produser dan sutradara Film The Night Comes for Us ikut menambahkan bahwa, perlu adanya perubahan cara pikir dari berbagai pihak dalam ekspresi kreativitas via media digital yang berkapasitas untuk mencapai penikmat film di seluruh dunia.

“Kami sangat antusias untuk melihat bagaimana kemitraan Kemendikbud dengan Netflix dapat bermanfaat bagi para pembuat film lokal, serta mendukung pengembangan kemampuan dan keterampilan mereka,” ucapnya.

Sumber : Line Today

Share this article