Sebagai Co-founder Apple, Steve Jobs dan Steve Wozniak tentu sudah berhasil membangun perusahaan dan teknologi yang merubah hidup orang banyak. Tapi keduanya ternyata tidak memiliki pandangan yang sama tentang uang dan kesuksesan.

Dalam wawancara di sebuah podcast, Wozniak mengatakan saat merintis Apple di awal ia tidak begitu peduli dengan uang. Tapi mendiang Jobs sangat bertekad untuk menjadi sosok yang penting dan sukses.
Baca juga: Kasir Kedai Kopi Tolak Layani Pelanggan Pakai AirPods

"Steve selalu ingin menjadi penting, dan dulunya ia punya sedikit uang," kata Wozniak yang dikutip detikINET dari Cnet, Rabu (5/2/2020).

"Jadi ia selalu mencari langkah selanjutnya untuk menghasilkan uang, dan ia ingin menjadi orang yang sangat penting di kehidupan. Dan ini merupakan kesempatan besarnya, karena ia merupakan pendiri perusahaan yang mendapatkan banyak uang," sambungnya.

Setelah Apple mulai mencicipi sukses, pria yang kerap disapa Woz ini melihat kepribadian Jobs mulai berubah. Jobs yang sebelumnya masih ingin diajak bermain dan bercanda di kantor, menjadi jauh lebih serius.

Tapi Wozniak tidak begitu kaget. Saat pertama kali bertemu, Jobs memang selalu terinspirasi oleh orang-orang hebat seperti Shakespeare yang bisa mengubah dunia.

"Karena ia selalu membicarakan orang-orang itu, ia ingin menjadi seperti mereka, dan ia merasa bisa mencapainya," kata Wozniak.

"Ia memiliki motivasi, dan kadang menginginkan sesuatu itu lebih penting daripada memiliki kemampuan yang sebenarnya," sambungnya.

Saat Jobs bermimpi untuk mengubah dunia bersama Apple, Wozniak justru betah bekerja menjadi teknisi untuk Hewlett Packard (HP). Ia justru tidak yakin apakah ingin bekerja di Apple secara eksklusif.

Tapi Jobs tidak menerima penolakan Wozniak. Jobs kemudian menghubungi saudara dan teman Wozniak untuk membujuknya agar menerima tawaran Jobs.

"Saya sudah mengatakan kepada semua orang yang saya kenal bahwa saya akan menjadi teknisi seumur hidup di Hewlett Packard karena saya cinta pekerjaan itu dan tidak ingin dirusak oleh uang," pungkasnya.

Sumber: detikINET

Share this article